Pendaftaran Bakal Calon dan Pemilihan Calon Rektor UGM
Periode 2022—2027
SELAMAT DATANG
SUGENG RAWUH
Terima kasih kepada Bapak/Ibu telah berkenan mengunjungi laman Pendaftaran Bakal Calon dan Pemilihan Rektor Periode 2022—2027.
Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai universitas terbesar di Indonesia mengundang dan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang memenuhi syarat untuk turut menjadi salah satu Bakal Calon Rektor UGM Periode 2022—2027. Rektor UGM Periode 2022—2027 diharapkan mampu mempertahankan UGM sebagai universitas peringkat terunggul di tingkat nasional dan meningkatkan pemerolehan peringkat UGM lebih tinggi lagi di persaingan global dalam lima tahun ke depan.
Rektor UGM Periode 2022—2027 diharapkan mampu semakin mengokohkan dan meneguhkan posisi UGM sebagai salah satu center of excellence institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, Asia, dan dunia. Hal tersebut dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas dan manfaat dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi UGM untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta memajukan kesejahteraan umum secara konsisten, serta mengembangkan aspek-aspek yang menjadi tolok ukur penilaian kualitas institusi perguruan tinggi.
UGM juga ingin mendapatkan pemimpin UGM yang mampu terus berinovasi, cerdas dalam melihat dan menangkap berbagai peluang masa depan yang dapat memajukan UGM secara signifikan, mampu memperluas jaringan kerja sama yang berimplikasi pada pengembangan sumber daya finansial dan manusia UGM, serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat di tengah kondisi disrupsi baik dalam konteks bisnis maupun ancaman pandemi/endemi.
Untuk itu, dalam rangka menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masa depan yang semakin dinamis, UGM melalui Panitia Kerja telah melakukan berbagai perubahan dan peningkatan dalam proses seleksi bakal calon dan pemilihan calon rektor UGM periode 2022—2027. Perubahan dan peningkatan tersebut dirumuskan dalam dua aspek utama yang mencakup aspek prosedur dan aspek substansi.
Pertama, perubahan dan peningkatan aspek prosedur meliputi pengembangan keterlibatan masyarakat dalam proses seleksi bakal calon dan pemilihan calon rektor untuk semakin memperkuat penerimaan dan partisipasi publik. Dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini tersedia, masyarakat dapat mengajukan pertanyaan kepada bakal calon rektor serta memberi komentar terhadap rekam jejak bakal calon rektor tersebut. Pertanyaan dan komentar tersebut akan ditindaklanjuti oleh Panitia Kerja sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menetapkan bakal calon.
Selain itu, Panitia Kerja juga menambah persyaratan bagi bakal calon rektor. Selain bakal calon wajib menyusun Program Kerja dan Strategi Pencapain Tujuan yang Terukur, bakal calon juga diwajibkan untuk membuat Surat Motivasi dan Narasi Personal tentang dirinya. Persyaratan tambahan tersebut dimaksudkan untuk memberi ruang bagi bakal calon untuk dapat menjelaskan motivasi pencalonan dirinya yang dilengkapi dengan alasan yang mendasari keyakinan bakal calon untuk menjadi pemimpin terbaik yang paling tepat bagi UGM dalam 5 (lima) tahun ke depan. Tambahan persyaratan tersebut diharapkan memudahkan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja dan capaian dari Rektor terpilih dalam menjalankan tugasnya.
Kedua, pada aspek substansi terdapat lima kriteria utama yang menjadi penekanan penting dalam menilai bakal calon. Kelima kriteria tersebut adalah:
- komitmen terhadap pelestarian dan pengembangan nilai-nilai dan jati diri UGM;
- kemampuan menjaga keutuhan dan keberlanjutan UGM;
- integritas dan komitmen yang tinggi;
- jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial; dan
- berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi.
Kelima kriteria tersebut diuraikan lebih rinci dalam Formulir Pencalonan yang telah kami siapkan yang mencakup rincian reputasi akademik, komitmen bakal calon dalam memperluas kerja sama pada skala nasional dan internasional, dan rencana strategis pemupukan Dana Abadi Universitas agar UGM dapat menjadi lebih setara dengan universitas besar lain di dunia. Selain perubahan dan peningkatan dalam kedua aspek di atas, Panitia Kerja juga telah menyiapkan Pakta Integritas yang wajib ditandatangani oleh seluruh bakal calon rektor UGM. Hal ini bertujuan untuk memastikan terwujudnya visi besar UGM dengan terpilihnya Rektor UGM Periode 2022—2027.
Melalui berbagai perubahan dan peningkatan aspek prosedur dan substansi tersebut, Panitia Kerja meyakini Rektor UGM Periode 2022—2027 mampu mengejawantahkan Jati Diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan. Rektor UGM juga mampu meneguhkan UGM sebagai universitas yang “mengakar kuat dan menjulang tinggi”.
Berikut adalah lini masa (timeline) proses pendaftaran bakal calon, seleksi calon, dan pemilihan dan penetapan Rektor UGM Periode 2022—2027.
No | Tahapan | Waktu |
---|---|---|
1 | Pendaftaran | 24 Januari – 9 Maret 2022 |
2 | Seleksi Administrasi | 24 Maret – 6 April 2022 |
3 | Forum Aspirasi | 18 – 29 April 2022 |
4 | Seleksi oleh Senat Akademik | 9 – 13 Mei 2022 |
5 | Pemilihan dan Penetapan oleh Majelis Wali Amanat | 17 – 20 Mei 2022 |
Kami mendorong berbagai pihak merekomendasikan calon terbaik pemimpin UGM untuk melamar posisi rektor UGM. Kami juga mendorong media massa untuk turut berbagi informasi sosialisasi ini menjadi literasi publik.
Kepada Bapak/Ibu yang berkenan mengajukan diri sebagai bakal calon rektor dan/atau berkenan memberikan rekomendasi pendaftaran bakal calon rektor, kami persilakan untuk mempelajari berbagai aturan yang berlaku di UGM tentang proses seleksi bakal calon dan pemilihan rektor UGM
No | Judul | Unduh |
---|---|---|
1 | Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2013 tentang Statuta UGM | |
2 | Peraturan MWA Nomor 4 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM | |
3 | Peraturan MWA Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengesahan Renstra UGM tahun 2017-2022 | |
4 | Peraturan MWA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Kampus UGM tahun 2017-2037 | |
5 | Peraturan MWA Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada | |
6 | Peraturan MWA Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan MWA Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada |
Bapak/Ibu kami persilakan mempelajari form dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk kelengkapan administrasi. Seluruh dokumen perlu diunggah di halaman pendaftaran mulai tanggal:
31 JANUARI 2022
Selain dokumen digital yang harus diunggah pada laman tersebut, seluruh dokumen fisik kami mohon diserahkan kepada Sekretariat Panja.
Prof/Bapak/Ibu yang berkenan mendaftar, kami persilakan menyiapkan dokumen berikut:
1 | FORM 1 | SURAT PENGUSULAN BAKAL CALON REKTOR UGM 2022 — 2027
(Catatan: Jika mendaftarkan diri karena diusulkan) |
2 | FORM 2 | SURAT PENCALONAN DIRI BAKAL CALON REKTOR UGM 2022—2027
(Catatan: Jika mendaftarkan diri sendiri tanpa diusulkan) |
3 | FORM 3 | SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI BAKAL CALON REKTOR UGM 2022—2027 |
4 | FORM 4 | RIWAYAT HIDUP BAKAL CALON REKTOR UGM 2022—2027
(Catatan: Mohon Form 4 juga dilengkapi dengan Form 4.1, Form 4.2, dan Form 4.3. Bapak/Ibu sangat kami sarankan untuk mengisi form dalam format word ini untuk memudahkan ketika proses mengunggah. |
FORM 4.1 | SURAT MOTIVASI (MOTIVATIONAL LETTER) | |
FORM 4.2 | NARASI PERSONAL | |
FORM 4.3 | PENJABARAN KEBIJAKAN UMUM UGM KE DALAM PROGRAM KERJA DAN STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN OLEH BAKAL CALON REKTOR UGM 2022—2027 | |
5 | FORM 5 | SURAT PERNYATAAN PAKTA INTEGRITAS |
6 | FORM 6 | SURAT PERNYATAAN KOMITMEN UNTUK MENJAGA KELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN NILAI-NILAI DAN JATI DIRI UGM |
7 | FORM 7 | SURAT PERNYATAAN PERNAH MENDUDUKI JABATAN STRUKTURAL |
8 | FORM 8 | SURAT PERNYATAAN TIDAK PERNAH DIPIDANA |
9 | Video berisi ringkasan motivasi, narasi personal, dan program kerja sebagaimana Bapak/Ibu tuliskan pada Form 4.1, Form 4.2, dan Form 4.3 dengan durasi paling lama 3 (tiga) menit | |
10 | Fotokopi KTP yang masih berlaku
(Catatan: untuk pengunggahan di laman, disarankan dalam bentuk scan berwarna) |
|
11 | Fotokopi kartu identitas kepegawaian
(Catatan: untuk pengunggahan di laman, disarankan dalam bentuk scan berwarna) |
|
12 | Fotokopi ijazah pendidikan doktor yang sah
(Catatan: untuk pengunggahan di laman, disarankan dalam bentuk scan berwarna) |
|
13 | Surat keterangan sehat jasmani dari dokter rumah sakit akademik UGM atau pemerintah | |
14 | Surat keterangan bebas penyalahgunaan narkoba dari rumah sakit akademik UGM atau pemerintah | |
15 | Foto berwarna terbaru 6 (enam) bulan terakhir standar paspor dan berlatar belakang biru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar
(Catatan: 3 (tiga) lembar untuk dikirim secara fisik) |
Catatan: Selain Form 4, seluruh formulir kami sediakan dalam format PDF. Pengisian dalam format PDF dapat dilakukan dengan Adobe Acrobat, Nitro, atau ditulis tangan.
Kami juga mendorong publik untuk memberikan pertanyaan, klarifikasi, dan/atau catatan-catatan khusus terhadap para pendaftar bakal calon Rektor UGM Periode 2022—2027. Untuk memberikan perlakukan yang fair dan imparsial, tautan ini akan kami buka setelah proses pendaftaran bakal calon rektor ditutup.
Terima kasih atas kerja sama yang telah terbina dengan sangat baik selama ini. Matur nuwun.